Jalan Pahlawan, urat nadi kota Semarang

Jalan protokol adalah salah satu akses terpenting pada sebuah kota besar. Semarang sebagai salah satu Big 5 kota besar dijawa tidak mau kalah dalam bersolek. Jalan Pahlawan adalah salah satu jalan utama yang terletak dipusat kota. Jalan yang terdiri dari dua jalur ini dapat diakses dari berbagai penjuru jalan. Pada saat jam jam sibuk memang agak traffic. Tapi tidak seberapa dan dapat lewat dengan mudah. Dari arah simpang lima semarang sebelah Ramayana belok kiri sampeyan langsung bertemu jalan pahlawan. Kalau dari arah atas(tembalang) langsung lurus turun saja. Dari jalan ini juga dapat mengakses beberapa jalur. Menuju simpang lima dan menuju ke jalan veteran. Sebagai jalan utama semarang berusaha mempersolek(cek kamus besar bahasa indonesia dulu mas!!) jalan ini secara maksimal sehingga ngga malu maluin dan tidak kalah bersaing dengan jalan jalan besar di masing masing ibu kota provinsi.

Jalan ini punya dua wajah yang berbeda kala siang dan kala malam. Pada saat siang hari jalan pahlawan yang panasnya naudzubllah ini berhiaskan kendaraan lalu lalang para pegawai kantor yang terletak dijalan ini. tercatat Gedung Berlian, tempat para wakil rakyat jawa tengah berkantor, dari paling ujung jalan kita akan bertemu dengan pusat perbelanjaan ramayana semarang, Menuju semakin ke barat ada kantor TELKOM semarang, Bank Mandiri, POLDA jateng, gedung Rimba Graha, Kantor BI semarang dan kantor kantor besar lainnya. oiya, nanti sampeyan akan bertemu perempatan juga pada jalan ini. Perempatan pertama(dihitung dari simpang lima) kekiri akan mengakses gedung BI. Meluncur lurus dari gedung ini sampeyan akan menjumpai UNDIP. universitas paling bergengsi se jawa tengah. Sepanjang buelevard undip ada taman hijau sebagai pembatas jalan. Kalau anda mengakses ke kanan akan bertemu delta taman KB. Melaju lurus bertemu kantor Kompas semarang dan pemakaman bergota. Pada perempatan kedua sampeyan akan mendapat persimpangan jalan. mau ke jakarta monggo ambil jalur kanan. Kekiri anda mengakses Taman Makam Pahlawan dan menuju ke jalan sriwijaya.

Matahari mulai condong ke ufuk barat. Pahlawan mulai berubah rupa. Jubah malam dikenakan. Para penjual makanan dengan tendanya mulai memadati pinggiran jalan. Pusat aneka macam masakan disini tempatnya. bagi yang hobo berkuliner ria disini surganya. mulai dari tenda kucingan, gudeg jogja, soto kudus, nasi goreng semarangan, ayam bakar ayam goreng sampai makanan khas semarang dijajakan disini. Jalan yang semula panasnya minta ampun menjadi menyejukkan. Lampu lampu kota yang berhias simbol wayang mulai dinyalakan. Indah sekali. Menyusur jalan ini kala malam sampeyan akan menjumpai banyak komunutas semarang berkumpul. Tiap jumat malam jalan ini menjadi venue seluruh komunitas pecinta otomotif semarang berkumpul. Ada komunitas vespa, megapro, jupiter, CB bahkan komunitas orang kaya ber jazz akan sampeyan temui disini.

Taman sekitar buelevard undip mulai dipenuhi muda mudi, anak anak kampus dan berbagai strata masyarakat berkumpul disini. bahkan para abegeh pun banyak. Ada yang menjalin kasih, ada yang sekedar nongkrong, ada pula yang mengais rejeki ngamen dan jualan rokok. Lengkap pokoknya. Delta taman KB yang sedari siang rindang menjadi arena jualan. ada jagung bakar, bakso dan bahkan jualan diripun ada. semakin malam seiring banyaknya orang ada beberapa waria menjajakan diri. operasi satpol PP yang rajin digelar tidak mampu memberantas penjaja kenikmatan satu ini. Diantara perempatan ini ada megatron(tipi yang segede dosa) berhias air mancur cantik menyala. Branding hidup ber tarif jutaan yang menyedot ribuan watt ini menghibur pengguna jalan. Tidak main main iklan yang dipasang disini. Acara yang ditayangkan pun berkelas. Mulai iklan layanan masyarakat sampai tayangan Nonton bareng Liga Inggris yang rutin digelar. Chanel internasional sekaliber CNN dan CNBC pun diputar sepanjang hari menyelingin advertising. ngga tau juga TVRI diputar disini atau tidak. Kalau sedang ada pertandingan besar macam final liga champion musim lalu jalan ini akan penuh dengan para fans yang menonton. Jalanpun serempak terbelah menjadi dua. jalan chelsea dan jalan MU. Sangat gayeng, raket, supeket dan akur(coba saja kalau suporter Persijap VS PSIS bisa serukun ini kalau nonton bareng). weitzz, balik ke topik. Pokoknya ramai sekali kalau malam.

Jalan protokol ini lumayan ramah kepada para perusahaan. Bisa dibilang pusat branding semarang ya dijalan pahlawan ini. event rutin banyak diselenggarakan disini. Bahkan pemerintah kota tidak segan menutup jalan ini. tercatat ada Djarum Black Autocontest dapat menutup jalan ini. Balap Andong dalam rangka 17an pun digelar disini. Taman KB yang langsung berhadapan pada jalan ini adalah tempat rutin perhelatan besar macam konser2 dan event2 olahraga.

Kalau pada bulan puasa Pahlawan akan mendadak jadi pasar tiban. Hmmm, jangan salah sangka dulu pasar tiban yang saya maksud adalah pasar takkjil dan makanan buka puasa. Mendadak jalan ini dipenuhi ABG(kali ini gag pake hotpants). Mereka menawarkan makanan untuk berbuka puasa macam kolak, koktail dan makanan makanan siap makan yang bisa digunakan untuk buka puasa. Biasanya sih meraka anak anak SMA yang ngabuburit gitu. Jadi ngga semata mata jualan, tapi banyakan ngecengnya. Semarak sekali pokoknya. ngabuburit, disuguhi live music dari taman KB dan disodorin ABG(jualan makanan oey).

Selamat menikmati semarang poro rawuh. Semoga anda akan kangen semarang dan kerso mampir semarang. apakah anda penggemar ABG??

wonderia, mengulang romantisme sambil momong sikecil

Jalan jalan kesemarang lagi. siap siap bingung lagi. Menjelajah kota transit bisnis seperti semarang terkadang jenuh dengan padatnya lalu lintas khas kota besar. Memanjakan si kecil dengan wahana permainan yang menarik dan edukatif tentu menjadi destinasi impian para pasangan muda. sambil momong sikecil sambil mengulang romantika masa muda saat berpacaran. Wonderia, sebagai penyedia taman hiburan mulai banyak berbenah demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

Wonderia menawarkan wisata hiburan dimana banyak mainan anak anak maupun dewasa disediakan. Bermacam macam, mulai dari bianglala, roller coaster, bombom car, hingga kolam renang untuk anak anak. Arena yang luas dan rindang menambah menariknya tempat wisata ini. Pembenahan yang dilakukan pengelola pun menambah kenyamanan pengunjung. Hal ini tampak dengan perawatan dan pembaruan wahana permainan anak. Pengawasan keamanan pengunjung pun mulai diperhatikan. Mulai dengan pembatasan umur mulai diberlakukan.

Selain taman bermain yang luas juga dilengkapi dengan panggung hiburan. panggung ini menyediakan live music setiap malam. Hampir selalu ada perhelatan yang dilakukan disini. Lokasi wonderia juga sering dijadikan venue beberapa acara besar disemarang. Seperti jalan sehat ataupun berbagai event festival musik. Parking lot yang luas, nyaman dan aman(awas helm) seharga 2000 rupiah permasuk menjadi fasilitas. Tiket masuk cukup 5000 rupiah perorangnya. Ketika masuk sampeyan langsung disambut patung patung lucu. Saya belum tau kalo ada tiket terusan untuk mencoba semua permainan disitu. harga per naik mainan pun beragam dan masih dapat dijangkau kantong. rata2 5000 sampai 10000 rupiah. Kadang ada badut juga(maklum banyak pengunjung adalah balita).

Setelah melalui portal depan langsung menuju lokasi mainan. Loket tersebar di berbagai penjuru taman sehingga memudahkan kalau ingin mencoba wahana disini. Pagi muda mudi yang ingin beromantis ria juga bisa dan disediakan pohon rindang dan kursi kursi dari semen yang nyaman untuk berduaan menikmati anak anak kecil yang lari larian(emang yang ini bisa dinikmati?). Angin yang semilir dibawah pohon dimana ada daun yang berguguran jatuh diatas rambut. Trus sampeyan mengambil daun itu dari pacar sampeyan. Hmmm, romantis sekali. Naik kereta listrik keliling wonderia juga seru. Satu room bisa untuk dua orang. atau coba jet coasternya sambil teriak. I LOVE YOU……kyaaaaa!!! juga lumayan seru.

Disarankan datang pada hari minggu. Karena disamping ramai, juga banyak ABG(pake hot pants loh..omaigot). Bukan itu dink daya tariknya. kalau minggu panggung musiknya digeber dari pagi. Biasanya ada artist ibu kota yang sengaja didatangkan untuk mengisi acara. Panggung setinggi 2 meter dengan luas 20×8 meter ini cukup megah untuk dilihat koq. bagi yang punya si kecil tentu akan sangat menikmati jalan jalan disini.

Akses ke wonderia juga mudah dijangkau karena terletak dipusat kota. Bagi yang memakai transportasi umum silahkan naik bus jurusan penggaron via simpang lima. turun wonderia. Atau pengguna kendaraan pribadi dari jalan veteran lurus saja akan ketemu lokasi. Kalau dari jalan pahlawan langsung belok kiri. Ngga sampai 500 meter akan ketemu wonderia.

Monggo buat mengulang romantisme tapi juga momong si kecil? atau njenengan yang suka anak anak. Saya tunggu di semarang. Apakah anda sudah memanjakan anak istri sampeyan poro rawuh??

pantai maron, dewatanya semarang

Melangkahkan kaki disemarang lagi. Merasakan panasnya terminal terboyo yang kadang nyampe 42 derajat panasnya. Menyusur jalanan jalanan penuh lampu merah dengan bis kota keluaran jaman jebot menimbulkan romantika tersendiri bagi sebagian orang. Kekangenan akan tempat biasa berkumpul bersama teman atau sekedar menjelajah tempat tempat eksotis yang memang sangat terbatas. Pantai maron bisa jadi alternatif bagi pelancong semarang yang bingung mau kemana melangkahkan kaki setelah sampai disemarang. dari arah manapun silahkan transit dikalibanteng terlebih dahulu. Ada dua jalur yang bisa dilalui kalau ingin menuju ke tempat ini. Yang pertama adalah via jalur bandar udara ahmad yani semarang nyampe asrama penerbad ambil kekiri. Lumayan susah memang menemukan letak pantai ini. tapi disitu juga letak kepuasan ketika menemukan lokasinya. Jalur kedua, monggo dari kali banteng menuju arah jakarta. tepatnya ke arah tegal. dari jalur ini nanti sekitar 1 kilometer akan menemukan papan besar bertuliskan Graha Padma. Monggo diikuti saja arah sana dan dengan 1 atau 2 kali bertanya kalau ragu dan takut mengikuti jalan pasti akan ketemu.

Sesampai disana deburan ombak lembut akan menyapa sampeyan. Tapi jangan terlena, ombak di maron memang ngga terlalu besar, tapi sudah meminta beberapa korban. Disarankan kalau ngga kepengin banget dan kemampuan pas2an buat ngga coba berenang. Tapi ya monggo saja kalau bener2 pengin dan nekad. Ada persewaan ban juga kok, lengkap dengan tempat ganti pakaian. Sangat mengasikkan merasakan kaki menyentuh pasir dan diterpa air. Udara laut yang khas pun akan tercium, menghembus lembut kerambut sampeyan. Tiket masuk 3000 pun terbayar dengan view menakjubkan pantai ini. Pantai yang baru terekspos ini memang menarik minat dari banyak pengunjung. Tak heran banyak pedagang yang sengaja mengais rejeki dari ramainya pantai ini. Jadi bagi yang merasa kekurangan konsumsi langsung saja kepinggir. Disana banyak berjajar penjual beraneka ragam makanan dari yang berat macam nasi, sate dan lain lain sampe makanan pengusir lapar sementara kayak bakso dan mie ayam. Rujak, high recomended, jadi jangan khawatir lapar. Tantangan tersendiri bagi dinas pariwisata pemkot semarang untuk mengelola obyek wisata yang satu ini dan mengembangkannya. Mulai dari memberikan kemudahan akses yang selama ini memang agak susah serta perawatan obyek supaya tetap menarik. Lahan parkir seharga 2000 rupiah sudah tersedia memberikan fasilitas kepada pengunjung.

Menikmati hari di Maron memang lupa waktu. Hamparan pasir pantai landai ini sungguh menakjubkan. Ini yang membedakan pantai maron dengan pantai utara jawa. Banyak yang menyandingkan pantai ini dengan pantai di pulau dewata memang. ah, tapi…ya sudahlah. Semburat kuning kemerahan menggantikan hamparan laut biru. Sang surya mulai redup dan turun tahta sedikit demi sedikit. Menanti jejak sang surya meninggalkan bumi, berganti malam, detik detik yang sangat menakjubkan. Angin bertiup semakin kencang senja itu. Pengunjung yang semula ramai mulai meninggalkan kehangatan pantai yang sudah berganti malam itu. saatnya saya bergegas untuk pulang…semarang masih menantiku. ah, sudahkah aku cinta semarang? jepara, jogja, mengapa kau begitu indah??ah…sudahhhh

comot foto dari :

sini

simpang5.wordpress.com

kafe tanjakan, tempat tertautnya dua hati…

Bagi muda mudi semarang tempat yang satu ini tentu tidak asing lagi. Kafe tanjakan menjadi fenomena sendiri dikalangan remaja semarang. Entah berapa banyak muda mudi yang menyatukan hati disini. Kenapa dinamakan kafe tanjakan karena memang berlokasi disekitar tanjakan menuju hotel rinjani semarang. Hal ini dimanfaatkan benar oleh pengelola untuk mendapatkan view terbaik dari kota semarang. Dengan memanfaatkan kondisi geografis yang unik untuk mendapatkan nilai jual yang tinggi.

Suasana malam yang romantis dipadu dengan lampu warna warni serta gemerlap lampu semarang bagian bawah memang sangat menarik. Akan merasa betah berlama lama memandang langit penuh bintang dan lampu yang berkedip kedip. Lokasi yang diatas turunan curam(kalau tidak mau disebut jurang). Membuat lokasi ini begitu cocok untuk katakan cinta. Kalau diterima jadi tempat yang amat manis, kalau ngga diterima sampeyan tinggal nyebur ke bawah maka akan hilang seluruh rasa sakit dihati(wafat).

Berlokasi diantara bangunan mewah lingkungan rinjani view membuat suasana cafe semakin indah dan layak untuk dikunjungi. Bagi yang sudah hafal semarang tentu gampang menemukan, tapi yang dari luar kota tentu susah. Silahkan aba pak sopir taksi sampeyan untuk meluncur ke kawasan rinjani. Nanti dari situ sudah dekat dengan cafe tanjakan. Lokasi yang pernah dinobatkan salah satu radio swasta untuk menyandang predikat tempat paling romantis disemarang ini menawarkan menu yang beragam. mulai dari junk food macam french fries, burger, hingga steak ada disini. Mas Bondan Winarno pernah mencoba masakan disini. Es krim dan capucino nya direkomendasikan. namun buat saya ini hanya tempat romantis, yang kebetulan menjual makanan. Secara kualitas ya memadailah untuk harganya. Patut dicoba. Dengan kisaran per menu 7000 rupiah anda akan mendapat suasana yang romantis dan menyenangkan. berdua paling sekitar 30ribuan.

Membawa wanita terkasih menikmati malam indah dengan memandang bintang dilangit luas dan lampu yang berkedik indah. Menyiapkan surpriseĀ  berupa cincin yang ditaruh dalam segelas sampanye(orange juice) tentu akan sangat romantis. Apalagi mbak mbak dan mas mas pelayan sini juga kooperatif dalam menyiapkan surprise. Monggo silahkan dicoba.

selamat menjelajah keeksotikan kota ini. apakah sampeyan cinta semarang poro rawuh?

pasar kokrosono. unik, classic, secondhand…

Semarang selalu memberikan kenangan dan kesan buat semua yang datang kesini. Tidak sekental jogja memang budaya disini. mungkin ini dikarenakan multi etnis yang ada disini juga banyak faktor lain. Bagi anda yang senang berburu barang antik bin unik disinilah tempatnya. Pasar klithikan ini menjual segala macam barang barang bekas layak pakai dan berbagai barang antik dan unik lainnya. Pasti sangat mengasikkan berburu barang barang kuno yang mungkin sudah langka dari peredaran ternyata dapat anda temukan dengan mudah disini. Monggo saja yang sedang berkunjung atau orang semarang yang penasaran untuk mengunjungi tempat ini.

kalau anda kolektor uang kuno ataupun uang asing disini banyak sekali terdapat pedagang yang menggelar dagangannya. ada macam macam uang kuno disini. Rupiah rupiah pecahan kecil yang biasanya dipakai untuk keperluan mas kawin juga ada. atau kolektor yang mencari uang pecahan asing. Tentu saja dengan harga yang murah. Saya pernah menawar uang kuno belanda pecahan 5 sen kalau tidak salah dilepas dengan harga 12.000 rupiah. Ngga tau kalau sekarang. Sayangnya saya bukan kolektor. Ada juga berbagai macam barang barang elektronik bekas disini. Ada tv 14 inci, ada Vcd bekas ada juga kaset bekas. Semua dijual dengan harga jauh dibawah harga pasaran. Ada juga arloji arloji bekas kuno yang nyentrik disini. Tidak hanya jual. Servis pun bisa dilakukan. saya pernah lihat setrikaan segede sepatu ukuran 44 disini. Sangat besar. Tv yang box nya masih kayu. Teman saya nebus tivi 14 inci dengan 150ribu. Merek polytron

Sekarang yang banyak menjamur adalah pedagang henpon. Banyak pedagang kakilima menggelar sebuah tikar, dan menggelar dagangannya seperti menjual kacang goreng. Bener2 lesehan. gag ada counter2an ataupun showroom2an. Semuanya nglesot bebas tuntas dan merakyat. Percaya ndak percaya saya mendapatkan henpon ini dengan harga 35ribu rupiah dibayar tunai. C 25 kayakna. Produk siemens yang pernah mengalami masa jaya ditahun 1997an.

Lokasi pasar ini lumayan mudah dijangkau. Bagi anda pengendara kendaraan pribadi langsung saja dari tugu muda semarang menuju ke jurusan jakarta. tepatnya Jalan Siliwangi. Lurus terus sampai notok jembatan. Setelah menyeberang(jalur ini 1 arah) anda akan menemukan jalan Kokrosono. nah disinilah lokasi perburuan anda dimulai. Setiap hari ada saja penjual yang menjual barang barang bekasnya disini. Pasar biasanya dimulai agak siangan. Jam 9 pagian masih terasa kurang semarak. Nanti menjelang jam 11an pasar ini sudah amat ramai.

kalau anda beruntung anda akan melihat sebuah mobil pick up lengkap dengan seperangkat sound system disertai gitar, bas, keyboard, dan kendang bersama mbak mbak penyanyi yang bahenol disini. Pertunjukan diimulai. setelah penyanyi menyapa musik pun dimulai. Oh ndak mas, ini ndak gratis. Nanti mbak mbaknya yang nyanyi akan menghampiri anda dan menadahkan topi untuk njenengan. Monggo mau diisi berapa. recahan ya monggo(sebaiknya jangan) kasian udah bawa soundsystem. lha mau 1000an sampai 50ribuan lha ya ngga nolak. live musyc ini menawarkan karaoke juga lho. Anda tinggal nyamper player nya dan bilang mau nyanyi lagu apa. 5ribu rupiah mawon satu kali nyannyi. Nge soul, seru, gayeng dan juga khas hiburan rakyat. sontak penonton pun langsung bertepuk tangan.

Bagi yang memang berniat berburu barang disini harap hati hati. Sekedar pengingat saja, banyak tangan2 jahil berusaha merogoh dompet sampeyan. Lena sebentar dompet melayang. So, be carefull sangad. Tips dari saya sijagoberburudanmenawar adalah silahkan pilih barang yang anda inginkan. yang teliti, kalau memungkinkan minta dicoba. kalau ndak bisa ya terserah njenengan mau atau ndak. Karena pedagang yang anda temui belum tentu ditempat yang sama saat sampeyan membeli. Jadi pilih benar benar. Jangan sampai kecewa. yang kedua tawar serendah rendahnya. Jangan sungkan pembeli adalah raja. Jadi santai sajamenawarnya. yang penting manusiawi. jangan sampai ketlorop(kemahalan). salah salah kayak teman saya. Nawar 3315 200ribu. ya langsung dikasih. Nyampe rumah sinyal ilang. Dan ternyata harga counter 150rb. sumongo saja yang kerso maen kesana.

Hari ini saya dapat musibah CDI shogun tercinta diembat maling. Ada yang kerso donatur ke saya??saya tunggu lho… atau sowan ke rumah lama saya.

sugeng maos poro rawuh. apakah anda sudah menghargai barang barang bekas anda?

sudah dilengkapi tanda baca dan penulisan hurup yang tepat. hatursuhun sarannya teh….

nuansa eksotisme berpadu mistis…

menulis tentang tempat tujuan wisata memang tidak ada habisnya. saya yang pengin kayak jengjeng matriphe kini mulai mengejar ketertinggalan (halah). idola saya yang satu itu tidak ada duanya dalam hal perndoyokan. semua halangan sudah dilewatinya. sekarang giliran saya mengekspose semarang seekspose okspose nya. saya yang sudah mengklaim tidak bisa mencintai semarang menjadi senang terhadap semarang. tapi kok ya susah. jalan jalan saya kali ini kelokasi yang biasa saya lewati tiap hari. tapi minat saya terhadap gedung ini memang sudah lama dan baru sekarang kesampaian menulisnya. berawal dari banyaknya kisah mistis yang dihembuskan, lawang sewu menjadi pesona tersendiri bagi semarang. aura mistisnya yang sangat kuat membuat orang penasaran dan ingin tahu tentang gedung ini. bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1903 ini masih terlihat sangat kokoh. letaknya pun sangat strategis ditengah kota semarang. tepatnya dibundaran tugu muda. anda datang dari mana saja sangat mudah menjangkaunya. dari terminal terboyo sampeyan dapat dengan mudah menjangkau loksai ini dengan naik bis kota jurusan tugu muda. langsung saja turun wisma perdamaian dan bisa berjalan mengelilingi tugu muda sembari menuju lawang sewu.

berciri khas bangunan tua belanda yang kokoh lawang sewu mempunyai sejarah yang cukup panjang dan kelam. beberapa kali menjadi saksi bisu pertumpahan darah yang sangat mengerikan. tercatat perang lima hari disemarang, naupun perang ketika merebut kemerdekaan. gedung ini bebearpa kali beralih fungsi. dari awal, fungsi gedung ini adalah kantor jawatan kereta api atau PJKA jalan itu. kemudian diambila alih oleh belanda yang digunakan untuk berpesta ramai ramai. setelah jaman pendudukan jepang, bangunan ini menjadi tempat penyiksaan para tawanan perang dan ladang pembantaian. tak heran bila kesan horor selalu menyelimuti gedung ini.

sekarang gedung ini resmi menjadi milik pemkot semarang dan menjadi bangunan yang dilindungi. alih fungsipun banyak dilakukan. banyak wacana untuk menyulap kesan mistis yang ada dilawang sewu menjadi kesan eksotis dan elegan. ada pula wacana yang akan menjadikan lawang sewu sebagai hotel. tapi entahlah. tentu banyak pro kontra serta pertimbangan yang menyertai alih fungsi ini. sekarang lawang sewu menjadi venue beberapa pameran bergengsi yang diadakan dikota semarang. tidak jarang event besar diselenggarakan disini. kalau siang dengan masuknya sinar matahari memang kesan seram berkurang jauh. tapi kalau malam jangan tanya.hmm…semua orang pun akan bergidik melihatnya.

bangunan ini terdiri dari beberapa bagian. saya pribadi belum begitu banyak tahu bagian bagian yang jelas. yang jelas bangunan ini terdiri dari 2 bagian. satu tangga menuju kelantai dua dan ada satu bagian lagi yang menuju bawah tanah. satu ruang dilantai atas ini digunakan dalam film AYAT AYAT CINTA sebagai ruang sidang sewaktu fahri dibawa ke pengadilan. satu lagi film yang menggunakan bangunan ini adalah GIE. yang menjadikan ruangan ini sebagai ruang kuliah. kaca yang menghias jendelannya juga diukir sangat indah sehingga jika tertimpa sinar matahari akan menghasilkan efek sinar warna warni dan sangat indah. ruang yang dilantai dasar digunakan untuk keperluan pameran dan lain lain. konon ceritanya ada satu ruangan yang tidak boleh dibuka. tempat itu adalah tempat pemerkosaan dan pembunuhan. patut kalau aura yang terpancar selalu membuat orang bergidik. satu lagi yang belum diketahui banyak orang adalah ruang bawah tanah. saluran air buatan belanda ini menjadi ruang tahanan sewaktu jaman penjajahan berlangsung. tidak sedikit pahlawan yang gugur disana. terowongan ini membujur kearah timur(kalau saya rasa) ini ceritanya akan menuju ke SMA 1 Semarang. tidak ada yang mebuktikan kebenaran adanya lorong penghubung diantara bangunan belanda ini. tapi sejak dulu pun SMA N 1 Semarang memang mengakui adanya saluran itu. tapi belum ada yang membuktikan secara langsung(saya juga belum ngecek). ketika saya tanyakan ke bapak penjaga lawang sewu pun beliau mengakui adanya lorong tersebut. tapi tentang kemananya arah lorong itu bapak tidak tahu dan belum ada orang yang membuktikan. katanya kalau malam hari terowongan itu tergenang air rob. sehingga susah untuk mengetahuinya.

wisata pun dibagi menjadi 2 waktu. yang ingin menikmati arsitektur, sumonggo datang siang hari kesini untuk menikmati eksotisme bangunan tua nan kokoh ini. walaupun banyak kekurangandisana sini tetap saja kesan kokohnya tidak lekang. anda dapat masuk tanpa biaya apapun. kecuali jika memang ada keperluan untuk melihat secara langsung. atau sedang ada event baru dikenakan biaya. waktu yang kedua adalah wisata malam. uji nyali kalau istilah bapak penjaga disana. semenjak banyaknya cerita mistis dan reality show yang meliput tempat ini mendapat penampakan banyak yang penasaran dan ingin mencoba membuktikan sendiri keasliannya. silahkan datang ke lawang sewu. jangan ciken datang kesini jam 9 malam. masih sore. banci aja belum pada keluar. nanti jam 11 malam sampai jam 3 pagi. seluruh tour akan dilayani. dengan tiket tanda masuk tidak resmi seharga 5000 rupiah per orang silahkan menikmati suasana gedung ini pada malam hari. untuk itu tidak diperbolehkan masuk sendirian. harus ada juru kunci yang menemani. bapak juru kuncipun dengan senang hati mengantar kita menyusuri pintu demi pintu, ruang demi ruang untuk kita. tidak emminta bayaran khusus. cukup seikhasnya. 20ribu atau berapa cukuplah. anda akan diajak berkeliling. melihat seluruh sudut ruangan kecuali ruangan terlarang.

dari banyaknya yang mencoba masuk. dalam 1 rombongan pasti ada yang di nampaki oleh si penghuni lawang sewu. “100% pasti melihat mas dalam satu rombongan”. tawar bapak juru kunci. untuk kamera akurasi terjadi penampakan 60% begitu katanya. namun sampai saat ini saya masih chiken. saya hanya berani melongok kedalam waktu malam sampai pintu. teman saya ada yang masuk dan memang dilihatkan oleh penghuni sana

penasaran dengan wisata ghoib ke lawang sewu? atau ingin melihat eksotisme bangunan jaman dulu? silahkan datang. saya sambut sampeyan disemarang. nda popo saya tekor. halah(cari sponsor sambil siul siul)

selamat membaca poro rawuh. apakah anda merasa ada sesuatu yang dibelakang anda??
sekian…

nuwun

gambar diambil dari sini, sini, dan sini

benteng portugis, sisa sisa kemegahan portugal…

teringat kalau pas saya berkesempatan pulang menjengk orang tua untuk absen(minta subsidi) karena dompet tidak mampu membendung kebutuhan. saya pasti menyempatkan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. seperti tiap kali ada waktu saya pasti menyempatkan untuk berburu sunset kemana mana. jepara, rumah saya tercinta tentu adalah surga pantai dipesisir pantai utara pulau jawa. eksotisme pantai di jepara tidak mudah ditandingi oleh pantai pantai dimana pun tempatnya

ini skrinsyut pantai menuju ke laut lepas. nampak kejauhan pulau mondoliko.

bagi yang sudah pernah kejepara atau warga jepara pasti tidak akan kesulitan menemukan lokasi ini. memang agak kepelosok jepara. tepatnya di kecamatan keling(sekarang kecamatan donorojo) ini terletak diujung paling atas pulau jawa. dekat proyek PLTN jaman Habibie jadi menristek. dari arah jepara langsung ambil bus jurusan pati. turun sambung oyot. dari sini ambil angkutan desa dengan ongkos 5000 rupiah untuk menjangkau lokasi.

dari depan langsung akan disambut 2 meriam bekas peninggalan portugal yang masih kokoh berdiri. mengapit gerbang ticketing seharga 3000 rupiah. anda akan menemukan gundukan tanah tinggi dimana akan sangat mudah dan terbuka mengamati laut jawa. konon karena hal inilah portugal mendirikan benteng disana. tapi jangan membayangkan benteng portugis menyerupai benteng vredenburg kebanggaan jogja. benteng yang disini ya gundukan gunung kecil menghadap ke laut jawa itu. disana masih ada reruntuhan sisa benteng seperti tembok yang dilubangi seukuran bedil dikala benteng diserang musuh dari laut jawa.

ini nampak atas benteng portugis yang langsung menghadap ke laut jawa. sangat indah menatap sunset dari atas sini. sayang saat saya berkunjung kali ini masih jam 2 siang. saat panas2nya laut jawa.

dari atas benteng menuju ke daerah pantai ada tangga bersusun menerobos semak2 tinggi yang eksotis disini. banyak pasangan muda mudi yang asyik masyuk disini(saya mergoki yang lagi kiss kissan). halah. mulai ngga fokus. balik ke posting. setelah menerabas semak benteng via tangga lingkar itu kita akan tiba dipantai yang berkarang. relief karang yang sangat unik membuat betah dan kerasan mancing atau pun sekedar bird watching disini. pakdhe saya yang hoby burung pasti sangat senang ini. saya pernah lihat elang jawa dan bangau tongtong disini pakdhe. alap alap juga masih banyak.

saya nongkrong dipantai dekat karang. ini yang paling saya sukai. berlama lama disini merenungi nasib.gag fokus lagi.

pantai ini berkarang karang indah karena bentukan abrasi yang mengikis sedikit demi sedikit pantai. disebelah timur ada pantai landai tempat kita bisa mencari karang karang berbentuk unik dan dijadikan hiasan. tapi hati hati. salah salah kaki sampeyan yang akan kena karang. ada pula kapal kapal nelayan yang sedang berlabuh disini. bagi yang suka naik perahu ada juga nelayan yang dengan senang hati mengantar anda ketengah laut menjelajah pulau mondoliko yang berada tidak jauh dari garis pantai. cukup membayar 35 ribu rupiah saja. atau kalau berombongan bisa lebih murah lagi. di lepas pantai jauh perairan mondoliko ini dulu kecelakaan kapal senopati nusantara terjadi.

menyusur sebelah selatan anda dapat melihat gunung muria. kalau tidak sedang tertutp kabut akan nampak sangat indah. membawa teropong sangat dianjurkan jika ingin menikmati sepuasnya pemandangan(dan juga muda mudinya). perombakan banyak dilakukan disana sini oleh dinas pariwisata setempat. mulai banyak dibangun gazebo di dekat pantai. diatas karang eksotis yang tempat saya mejeng tadi. ada juga tempat memancing(saya tidak yakin apakah masih atau sedikit sudah kena abrasi). dibangun juga banyak fasilitas publik disana.

tanah parkirnya juga sangat nyaman untuk bersantai. banyak mainan anak anak yang sayangnya agak kurang terawat dan malah dipakai muda mudi. banyak pohon kelapa yang membuat suasana semakin rindang. tentu sangat nikmat membakar ayam disana dengan minum air kelapa muda tentunya. ah, segarnya. penatpun serasa langsung hilang.

setiap bulan syawal pantai ini akan sangat ramai dikunjungi orang orang yang ingin menyaksikan lomban. lomban adalah upacara tradisional masyarakat pesisir pantai utara jawa dalam rangka sedekah laut. biasanya akan ada banyak kapal yang ikut acara ini dan dengan suka rela(seikhlasnya) mengangkut anda untuk ikut ketengah laut. ditengah laut akan dilarung sesaji berupa kepala kerbau dan aneka sajen sajen khas jawa yang saya tidak tahu banyak macam dan jenisnya itu. sangat ramai. biasanya juga dimeriahkan oleh berbagai hiburan rakyat seperti orkes dangdut, pertunjukan tayup dan lain lain. pokoknya sangat merakyat dan sangat guyup warga pantai utara jawa ini.

saya jadi kepingin pulang. mau sungkem minta duit dan mengunjungi sekedar berburu sunset dan mengabadikan di kamera ponsel berpixel kecil ini.

sugeng mbaca poro rawuh. selamat menikmati. saya sudah menyediakan kontak barangkali nanti ada blogger yang kerso rawuh dan saya dampingi kesini.

terima kasih sampun berkunjung. suwun sanget.

special thanks buat teh dita n kang zam atas komen dan masukannya

-nuwun-