Home » lereng muria » benteng portugis, sisa sisa kemegahan portugal…

benteng portugis, sisa sisa kemegahan portugal…

teringat kalau pas saya berkesempatan pulang menjengk orang tua untuk absen(minta subsidi) karena dompet tidak mampu membendung kebutuhan. saya pasti menyempatkan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. seperti tiap kali ada waktu saya pasti menyempatkan untuk berburu sunset kemana mana. jepara, rumah saya tercinta tentu adalah surga pantai dipesisir pantai utara pulau jawa. eksotisme pantai di jepara tidak mudah ditandingi oleh pantai pantai dimana pun tempatnya

ini skrinsyut pantai menuju ke laut lepas. nampak kejauhan pulau mondoliko.

bagi yang sudah pernah kejepara atau warga jepara pasti tidak akan kesulitan menemukan lokasi ini. memang agak kepelosok jepara. tepatnya di kecamatan keling(sekarang kecamatan donorojo) ini terletak diujung paling atas pulau jawa. dekat proyek PLTN jaman Habibie jadi menristek. dari arah jepara langsung ambil bus jurusan pati. turun sambung oyot. dari sini ambil angkutan desa dengan ongkos 5000 rupiah untuk menjangkau lokasi.

dari depan langsung akan disambut 2 meriam bekas peninggalan portugal yang masih kokoh berdiri. mengapit gerbang ticketing seharga 3000 rupiah. anda akan menemukan gundukan tanah tinggi dimana akan sangat mudah dan terbuka mengamati laut jawa. konon karena hal inilah portugal mendirikan benteng disana. tapi jangan membayangkan benteng portugis menyerupai benteng vredenburg kebanggaan jogja. benteng yang disini ya gundukan gunung kecil menghadap ke laut jawa itu. disana masih ada reruntuhan sisa benteng seperti tembok yang dilubangi seukuran bedil dikala benteng diserang musuh dari laut jawa.

ini nampak atas benteng portugis yang langsung menghadap ke laut jawa. sangat indah menatap sunset dari atas sini. sayang saat saya berkunjung kali ini masih jam 2 siang. saat panas2nya laut jawa.

dari atas benteng menuju ke daerah pantai ada tangga bersusun menerobos semak2 tinggi yang eksotis disini. banyak pasangan muda mudi yang asyik masyuk disini(saya mergoki yang lagi kiss kissan). halah. mulai ngga fokus. balik ke posting. setelah menerabas semak benteng via tangga lingkar itu kita akan tiba dipantai yang berkarang. relief karang yang sangat unik membuat betah dan kerasan mancing atau pun sekedar bird watching disini. pakdhe saya yang hoby burung pasti sangat senang ini. saya pernah lihat elang jawa dan bangau tongtong disini pakdhe. alap alap juga masih banyak.

saya nongkrong dipantai dekat karang. ini yang paling saya sukai. berlama lama disini merenungi nasib.gag fokus lagi.

pantai ini berkarang karang indah karena bentukan abrasi yang mengikis sedikit demi sedikit pantai. disebelah timur ada pantai landai tempat kita bisa mencari karang karang berbentuk unik dan dijadikan hiasan. tapi hati hati. salah salah kaki sampeyan yang akan kena karang. ada pula kapal kapal nelayan yang sedang berlabuh disini. bagi yang suka naik perahu ada juga nelayan yang dengan senang hati mengantar anda ketengah laut menjelajah pulau mondoliko yang berada tidak jauh dari garis pantai. cukup membayar 35 ribu rupiah saja. atau kalau berombongan bisa lebih murah lagi. di lepas pantai jauh perairan mondoliko ini dulu kecelakaan kapal senopati nusantara terjadi.

menyusur sebelah selatan anda dapat melihat gunung muria. kalau tidak sedang tertutp kabut akan nampak sangat indah. membawa teropong sangat dianjurkan jika ingin menikmati sepuasnya pemandangan(dan juga muda mudinya). perombakan banyak dilakukan disana sini oleh dinas pariwisata setempat. mulai banyak dibangun gazebo di dekat pantai. diatas karang eksotis yang tempat saya mejeng tadi. ada juga tempat memancing(saya tidak yakin apakah masih atau sedikit sudah kena abrasi). dibangun juga banyak fasilitas publik disana.

tanah parkirnya juga sangat nyaman untuk bersantai. banyak mainan anak anak yang sayangnya agak kurang terawat dan malah dipakai muda mudi. banyak pohon kelapa yang membuat suasana semakin rindang. tentu sangat nikmat membakar ayam disana dengan minum air kelapa muda tentunya. ah, segarnya. penatpun serasa langsung hilang.

setiap bulan syawal pantai ini akan sangat ramai dikunjungi orang orang yang ingin menyaksikan lomban. lomban adalah upacara tradisional masyarakat pesisir pantai utara jawa dalam rangka sedekah laut. biasanya akan ada banyak kapal yang ikut acara ini dan dengan suka rela(seikhlasnya) mengangkut anda untuk ikut ketengah laut. ditengah laut akan dilarung sesaji berupa kepala kerbau dan aneka sajen sajen khas jawa yang saya tidak tahu banyak macam dan jenisnya itu. sangat ramai. biasanya juga dimeriahkan oleh berbagai hiburan rakyat seperti orkes dangdut, pertunjukan tayup dan lain lain. pokoknya sangat merakyat dan sangat guyup warga pantai utara jawa ini.

saya jadi kepingin pulang. mau sungkem minta duit dan mengunjungi sekedar berburu sunset dan mengabadikan di kamera ponsel berpixel kecil ini.

sugeng mbaca poro rawuh. selamat menikmati. saya sudah menyediakan kontak barangkali nanti ada blogger yang kerso rawuh dan saya dampingi kesini.

terima kasih sampun berkunjung. suwun sanget.

special thanks buat teh dita n kang zam atas komen dan masukannya

-nuwun-

2 thoughts on “benteng portugis, sisa sisa kemegahan portugal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s