Home » Uncategorized » nuansa eksotisme berpadu mistis…

nuansa eksotisme berpadu mistis…

menulis tentang tempat tujuan wisata memang tidak ada habisnya. saya yang pengin kayak jengjeng matriphe kini mulai mengejar ketertinggalan (halah). idola saya yang satu itu tidak ada duanya dalam hal perndoyokan. semua halangan sudah dilewatinya. sekarang giliran saya mengekspose semarang seekspose okspose nya. saya yang sudah mengklaim tidak bisa mencintai semarang menjadi senang terhadap semarang. tapi kok ya susah. jalan jalan saya kali ini kelokasi yang biasa saya lewati tiap hari. tapi minat saya terhadap gedung ini memang sudah lama dan baru sekarang kesampaian menulisnya. berawal dari banyaknya kisah mistis yang dihembuskan, lawang sewu menjadi pesona tersendiri bagi semarang. aura mistisnya yang sangat kuat membuat orang penasaran dan ingin tahu tentang gedung ini. bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1903 ini masih terlihat sangat kokoh. letaknya pun sangat strategis ditengah kota semarang. tepatnya dibundaran tugu muda. anda datang dari mana saja sangat mudah menjangkaunya. dari terminal terboyo sampeyan dapat dengan mudah menjangkau loksai ini dengan naik bis kota jurusan tugu muda. langsung saja turun wisma perdamaian dan bisa berjalan mengelilingi tugu muda sembari menuju lawang sewu.

berciri khas bangunan tua belanda yang kokoh lawang sewu mempunyai sejarah yang cukup panjang dan kelam. beberapa kali menjadi saksi bisu pertumpahan darah yang sangat mengerikan. tercatat perang lima hari disemarang, naupun perang ketika merebut kemerdekaan. gedung ini bebearpa kali beralih fungsi. dari awal, fungsi gedung ini adalah kantor jawatan kereta api atau PJKA jalan itu. kemudian diambila alih oleh belanda yang digunakan untuk berpesta ramai ramai. setelah jaman pendudukan jepang, bangunan ini menjadi tempat penyiksaan para tawanan perang dan ladang pembantaian. tak heran bila kesan horor selalu menyelimuti gedung ini.

sekarang gedung ini resmi menjadi milik pemkot semarang dan menjadi bangunan yang dilindungi. alih fungsipun banyak dilakukan. banyak wacana untuk menyulap kesan mistis yang ada dilawang sewu menjadi kesan eksotis dan elegan. ada pula wacana yang akan menjadikan lawang sewu sebagai hotel. tapi entahlah. tentu banyak pro kontra serta pertimbangan yang menyertai alih fungsi ini. sekarang lawang sewu menjadi venue beberapa pameran bergengsi yang diadakan dikota semarang. tidak jarang event besar diselenggarakan disini. kalau siang dengan masuknya sinar matahari memang kesan seram berkurang jauh. tapi kalau malam jangan tanya.hmm…semua orang pun akan bergidik melihatnya.

bangunan ini terdiri dari beberapa bagian. saya pribadi belum begitu banyak tahu bagian bagian yang jelas. yang jelas bangunan ini terdiri dari 2 bagian. satu tangga menuju kelantai dua dan ada satu bagian lagi yang menuju bawah tanah. satu ruang dilantai atas ini digunakan dalam film AYAT AYAT CINTA sebagai ruang sidang sewaktu fahri dibawa ke pengadilan. satu lagi film yang menggunakan bangunan ini adalah GIE. yang menjadikan ruangan ini sebagai ruang kuliah. kaca yang menghias jendelannya juga diukir sangat indah sehingga jika tertimpa sinar matahari akan menghasilkan efek sinar warna warni dan sangat indah. ruang yang dilantai dasar digunakan untuk keperluan pameran dan lain lain. konon ceritanya ada satu ruangan yang tidak boleh dibuka. tempat itu adalah tempat pemerkosaan dan pembunuhan. patut kalau aura yang terpancar selalu membuat orang bergidik. satu lagi yang belum diketahui banyak orang adalah ruang bawah tanah. saluran air buatan belanda ini menjadi ruang tahanan sewaktu jaman penjajahan berlangsung. tidak sedikit pahlawan yang gugur disana. terowongan ini membujur kearah timur(kalau saya rasa) ini ceritanya akan menuju ke SMA 1 Semarang. tidak ada yang mebuktikan kebenaran adanya lorong penghubung diantara bangunan belanda ini. tapi sejak dulu pun SMA N 1 Semarang memang mengakui adanya saluran itu. tapi belum ada yang membuktikan secara langsung(saya juga belum ngecek). ketika saya tanyakan ke bapak penjaga lawang sewu pun beliau mengakui adanya lorong tersebut. tapi tentang kemananya arah lorong itu bapak tidak tahu dan belum ada orang yang membuktikan. katanya kalau malam hari terowongan itu tergenang air rob. sehingga susah untuk mengetahuinya.

wisata pun dibagi menjadi 2 waktu. yang ingin menikmati arsitektur, sumonggo datang siang hari kesini untuk menikmati eksotisme bangunan tua nan kokoh ini. walaupun banyak kekurangandisana sini tetap saja kesan kokohnya tidak lekang. anda dapat masuk tanpa biaya apapun. kecuali jika memang ada keperluan untuk melihat secara langsung. atau sedang ada event baru dikenakan biaya. waktu yang kedua adalah wisata malam. uji nyali kalau istilah bapak penjaga disana. semenjak banyaknya cerita mistis dan reality show yang meliput tempat ini mendapat penampakan banyak yang penasaran dan ingin mencoba membuktikan sendiri keasliannya. silahkan datang ke lawang sewu. jangan ciken datang kesini jam 9 malam. masih sore. banci aja belum pada keluar. nanti jam 11 malam sampai jam 3 pagi. seluruh tour akan dilayani. dengan tiket tanda masuk tidak resmi seharga 5000 rupiah per orang silahkan menikmati suasana gedung ini pada malam hari. untuk itu tidak diperbolehkan masuk sendirian. harus ada juru kunci yang menemani. bapak juru kuncipun dengan senang hati mengantar kita menyusuri pintu demi pintu, ruang demi ruang untuk kita. tidak emminta bayaran khusus. cukup seikhasnya. 20ribu atau berapa cukuplah. anda akan diajak berkeliling. melihat seluruh sudut ruangan kecuali ruangan terlarang.

dari banyaknya yang mencoba masuk. dalam 1 rombongan pasti ada yang di nampaki oleh si penghuni lawang sewu. “100% pasti melihat mas dalam satu rombongan”. tawar bapak juru kunci. untuk kamera akurasi terjadi penampakan 60% begitu katanya. namun sampai saat ini saya masih chiken. saya hanya berani melongok kedalam waktu malam sampai pintu. teman saya ada yang masuk dan memang dilihatkan oleh penghuni sana

penasaran dengan wisata ghoib ke lawang sewu? atau ingin melihat eksotisme bangunan jaman dulu? silahkan datang. saya sambut sampeyan disemarang. nda popo saya tekor. halah(cari sponsor sambil siul siul)

selamat membaca poro rawuh. apakah anda merasa ada sesuatu yang dibelakang anda??
sekian…

nuwun

gambar diambil dari sini, sini, dan sini

15 thoughts on “nuansa eksotisme berpadu mistis…

  1. apakah anda merasa ada sesuatu yang dibelakang anda??

    huahhhh……

    kalo ke semarang lagi pengen ah main2 kesitu. tapi siang kalo malam.. hihhhh
    itu harus ditemani juru kunci yah.. kalo nggak kenapa emangnya?

  2. @ ocha : lha sumonggo klo kerso mau masuk sendirian.nanti saia anter nyampe depan pintu. ah ciken kali saia ini

    @ pakdhe yahya : njih pakdhe, itu kernet sampai jontor teriak2 laqang 999. lawang 999

    @pepeng : lha nopo mau di copy paste jadi TA??

    suwun sudah kerso mampir. maaf seadaanya…

  3. aku ndak suka dengan pengelolaan lawang sewu. awalnya meang penasaran dengan “nuansa mistis”nya.. tapi menurutku telalu sayang kalo yg dijual cuman itu..

  4. @ nonadita : nanti klo kesananya sama mas topi putih pasti ndak jadi serem..

    @ zam : mamang sangat disayangkan cuma seperti itu. ada wacana untuk menjadikan lawang sewu sebagai hotel. bahkan museum. kita tunggu langkah pemkot

    suwun kerso mampir…

  5. kulo namung mlebet damel madosi tugas tok mas, suwon nggeh pun maringi kulo informasi. spuntene nek enten salah tutur kulo, basa jawi niku ewet menawi ditulisaken. sial pak sulit amat nulis pake basa jawa padahal saya orang jawa. memalukan saya ini ya wakakakakaka

  6. udah pernah kesana dulu masuk bareng temen2 yg ada di semarang. masuk udah jam 12 lebih, keluar sekitar jam 02.30 tapi nggak ada satu pun yg ngeliat penampakan, baik di sepanjang lorong, ruang pembantaian, ataupun ruang bawah tanah. kamera saya sewaktu di ruang pembantaian juga nggak bisa nangkep apa2 padahal sama bapak juru kunci udah dikasih tau tempat motonya..
    pesennya bapak itu she kalo mau liat penampakan masuknya sekitar jam 11 malem, hampir 90% yg masuk jam 11 dari rombongan ada yg bisa ngeliat. kalo udah lebih dari jam 12 yg berseliweran tinggal dikit. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s