Home » makan makan » tombo kangen, bikin kangen semarang..

tombo kangen, bikin kangen semarang..

Nasi Goreng legendaris. Itu yang ada dibenak saya. Racikan bumbu yang mantap dengan paduan rasa pedas yang pas menjadikan nasi goreng satu ini selalu ramai. Macam macam menu racikan nasi goreng disini. Mulai dari nasi goreng babad, kambing, cumi cumi, seafood, udang, kerang, sosis. Yang kemudian dipadu jadi nasi goreng special. Senada dengan nasi gorengnya tersedia juga fuyung hay, mie goreng/ godog special, capcay goreng/godog. Nikmatnya nasi goreng ini kalau saya lihat dari cabe nya. Ngga tahu kenapa. Pedas yang keluar dari tombo kangen ini adalah pedas yang nikmat, pedas yang pas, walaupun dipesan dengan label sangat pedas sekalipun masih kental rasa nikmatnya. Sekali suap, butir butir keringat langsung mengucur, nafas hoh hah hoh hah berdesis nikmat. potongan daging kambing dan cumi(nasi goreng spesial) pun berasa sekali. Yang kambing pun masih nampol banget kambingnya. Cumi cumi yang fresh pun tidak kalah menyumbang rasanya. Pedas cabe rawit jawa kalau kata mas penjualnya. Capcay gorengnya pun ngga kalah nikmat, pedas cabai mengalahkan mericanya. Namun rasa nikmatnya tidak bisa dikalahkan. Bagi yang tidak suka pedas pun nasi goreng ini cocok dinikmati. Racikan rempahnya pas. Pedas sedengan pun nikmat disantap. apalagi kalau masih panas.

Bagi pelancong semarang yang gemar nasi goreng, nasi goreng ini high recomended. Dengan range harga 5500 rupiah sampai 8000 rupiah lidah sampeyan langsung dimanjakan perpaduan menakjubkan masakan satu ini. Satu porsinya pun bisa dikatakan besar. Satu piring besar penuh. Kepyuran daging, cumi, sosis menghiasi sepiring nasi goreng panas ini. Capcay gorengnya juga yahud. Kuah sedap nan panas khas capcay. Walaupun minta goreng tapi kuahnya tetap banyak. Tapi jangan salah. Kuah kental ini sedap sekali. Sekali sruput langsung maknyus terasa. Potongan sayuran segar dihiasi cumi cumi dan kepyuran keikian. Oiya, satu lagi. Emping. Ya, yang digunakan sebagai pengganti kerupuk adalah emping. Entah kenapa, tapi yang jelas penambahan emping ini menambah cita rasa. 

Lokasi nasi goreng ini mudah sekali dijangkau. Bagi yang dari simpang lima semarang langsung mengambil jalan majapahit(bener ya, jalan majapahit?). Tepatnya jalan sebelah kiri matahari semarang.langsung saja lurus. Sekitar 500 meter dari matahari, depan pom bensin erlangga. Disana sampeyan akan menemukan warung dari tenda dan digelari tikar bertuliskan TOMBO KANGEN. disitulah lokasi nasi goreng legendaris ini. Konon dinamakan tombo kangen karena banyak yang kangen nasi goreng khas semarang ini ketika berada diluar kota.

Berbagai kalangan mampir disitu, mulai dari pejabat daerah, pegawai pegawai kelas menengah yang melepas lapar sembari menuju pulang kerumah. Banyak pula muda mudi dan abegeh yang jajan disitu. warungnya kecil, dari tenda, namun kelegendarisannya disemarang belum ada tanding.  Cuma tenda bergelar tikar. Tapi jangan salah, yang bersedia antri untuk sekedar makan nasi goreng ini bisa berpuluh orang. Duduk ditikar, menanti malam menjemput menghadap jalan protolol yang baru bersolek dengan lampu warna warni kecil kelap kelip. Diselingi kendaraan pulang kantor padat merayap menembus jalanan semarang. Klakson yang bersahut sahutan diselingi sedikit ungkapan pisuhan khas semarang sering kali terdengar menghias pemandangan kita kala makan disana. Kerukunan dan kesederhanaan terlihat tanpa mengesampingkan kemewahan rasa.

ayooo dolan semarang…..sampun ke semarang? visit semarang yuukkk…

13 thoughts on “tombo kangen, bikin kangen semarang..

  1. oiabaikla, kapan ke semarang insyaAllah tak kunjungi nih tempat.

    oya, saya pernah makan di daerah mana gitu lupa (dari arah simpanglima belok kiri, n di situ banyak yang jualan swie kek), nah ada satu warung yang jual sop buntut. uenak tenan. arane, emboh aku lali e.

    request dong: tulisan tentang rupa2 tempat beli loenpia itu. kan ada yang beli di mba lin (satunya masih rp7000 kah?), trus ada juga yang instant2 gtu yang banyak iklannya di pinggir jalan, trus mungkin mash banyak lagi yang ngga kalah terkenal juga.
    mana yang highly recommended menurut sampeyan?

    makasih..makasih sebelumnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s