Home » Uncategorized » Kota Lama Riwayatmu Kini

Kota Lama Riwayatmu Kini

Blog saya karatan. Saking lamanya ngga di update hamper lebih dari 3 bulan. Bukan masalah ngga punya bahan sebenarnya tapi lebih karena rasa malas. Seri jalan malam kota semarang sepertinya harus saya sudahi karena sudah jarang lagi dolan malam kota semarang. Sekarang lebih sering ngendon dikamar menikmati kesunyian. Halah.

            Yak cukup basa basinya. Sudah lama saya pengin banyak sekali cerita. Yang pertama, saya sekarang sudah kembali ke semarang lagi setelah hampir setengah tahun berkelana karena magang di luar daerah. Yak, saya dua bulan di batang dan tiga bulan di magelang. Setalah itu koq rasa malas pengin posting terasa sekali. Yah, malah basa basi lagi.

Yang pengin saya bahas sekarang adalah sebuah pesona semarang yang kesohor sampai di luar negeri. Yak, kota lama. Kota yang sangat menawan namun mulai pudar tergerus waktu dan air rob. Sebuah pemandangan yang ironis sebenarnya ketika kita melihat bangunan kekar nan megah karya arsitek belanda jaman dahulu itu mulai digerogoti lumut dan tumbuhan yang mengakibatkan kota lama cenderung kumuh dan menyeramkan. Bangunan yang lain yang masih terawat difungsikan sebagai perkantoran pun masih terlihat megah. Kesan angkuh khas arsitektur belanda sangat menonjol di komplek kota lama ini. Mulai dari jalanan paving yang digunakan agar ketika genangan rob mulai naik bias langsung merembes kebawah, sampai dengan tembok tembok tebal yang kuat.

            Bangunan yang masih aktif cukup banyak, mulai dari kantor bank mandiri yang menghadap langsung ke kantor pos besar semarang. Diseberang jalan ada OCBC NISP dan beberapa perusahaan ekspedisi pelayaran yang membuka kantor disitu. Berdiri megah salah satu rumah makan bergengsi ikan baker cianjur yang berseberangan dengan salah satu gereja megah tertua di semarang yang terkenal,gereja blenduk. Menurut cerita, di gereja ini terdapat orgel, sejenis alat musik tua peninggalan jaman belanda. Saya sendiri kurang tahu bagaimana cara memainkannya. Ada 3 alat musik sejenis. Yang satu terdapat di gereja gedangan semarang, dan yang satu lagi ada di katedrak vatikan. Alat musik ini hanya dimainkan pada saat saat tertentu. Kemegahan dan kemewahan suara yang dihasilkan tidak ada duanya didunia. Gereja dengan atap blenduk(setengah lingkaran) ini disebut gereja blenduk ya karena atapnya yang menggelembung diatasnya. Kaca patri hand made jaman belanda yang menawan membuat orang yang berada didalamnya betah berlama lama menikmati siluet warna yang dihasilkan dari cahaya yang diteruskan oleh kaca patri itu kedalam gereja.

Mau mengunjungi kota lama semarang dan merasakan suasana khas kota lama? Venice van java ini memang sangat special dihati para penggemar arsitektur. Jika anda berminat mengunjunginya anda bisa langsung mencari jalan pemuda semarang. Dari tugu muda langsung lurus saja. Anda akan menemui perempatan forbidden pasar johar. Ambil jalur kekiri dan ikuti saja jalan yang ber paving.ketika langkah anda sudah menginjak paving berarti anda sudah berdiri diatas kota lama semarang.

Bagi yang dari arah terboyo, bisa langsung naik bis yang melewati jalur kota lama.langsung turun di gedung pusat kanisius semarang dan andapun sudah sampai ke kota lama. Atau paling gampang ya naik taksi. Hehehe..

Pernah menonton film GIE besutan Riri Riza beberapa tahun yang lalu? Ada beberapa scene yang memang sengaja berlatar belakang kota lama. Sewaktu adegan mahasiswa naik sepeda dan diikuti oleh mahasiswa yang sedang berdemo menuntut menteri dalam negeri menemui mereka? Lha itu scene di kota lama. Dan juga bisa menemukan bis kuno sekali yang entah sekarang disimpan dimana itu bis. Jujur saya penasaran. Kalau truk truk kuno banyak sekali disana, karena ada penyewaan crane yang mobil truknya diparkir disana.

Trus mau apa dikota lama? Ya terserah sampeyan. Mau kayang boleh, mau sekedar numpang pipis ya gapapa. Eh, becanda dink. Di kota lama anda bisa ber pre wedding ria dengan background keantikan kota lama. Saya sering sekali menjumpai pasangan yang berfoto disana mengabadikan saat saat menjelang saat saat paling bahagia mereka. Bagi penggemar arsitektur, bangunan disini bisa menjadi sumber studi yang luar biasa.mulai dari stasiun tawang, polder tawang, gereja blenduk, gedung koperasi batik Indonesia dan masih banyak lagi gedung tua yang sangat eksotis. Mau berkuliner? Lha sudah ada ikan bakar cianjur yang siap memanjakan lidah anda. Atau bisa juga mencicipi kekhasan took OEN semarang yang terkenal itu. Semua menjadi satu paket yang luar biasa. Cuma itu? Ndak lah. Bagi yang suka horror dan uji nyali boleh lho nongkrong disana. Konon masih banyak noni noni belanda yang memakai paying berseliweran disana dikala malam hari.

Ah, terobati sudah dahaga ngeblog saya. Semoga ndak jadi blogger murtad lagi.

PS : saya menyediakan paket wisata kota lama lho buat yang bersedia. bisa hubungi saya di 081325940523. karimun juga ada. tour de jepara juga ada. ntar deh kalau sempet saya posting itenary nya. duh, jualan koq males yah..just call me deh ya..

Salam,

danindra

6 thoughts on “Kota Lama Riwayatmu Kini

  1. *nyamar jadi dosen bimbingan skripsi..dek dhani masi byk typo tuhh..toko jd took,bakar jd baker..duh..tolong ya..direvisi lagi..hehee…love you..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s