Home » Uncategorized » Kunjungan Singkat Ke Batik Sekar Ayu

Kunjungan Singkat Ke Batik Sekar Ayu

image

Melakukan berbagai macam program Corporate Social Responsibility adalah kewajiban setiap perusahaan dalam membina warga sekitar perusahaan dan juga memberikan feedback dari apa yang diambil dan diberikan. Salah satu yang dilakukan oleh Semen Gresik adalah dengan melakukan pembinaan terhadap warga. Tercatat sekitar 16.000 warga binaan yang bergerak diberbagai macam usaha. Ada di sektor oleh oleh, makanan ringan, batik, dan perikanan.

Salah satu binaan yang cukup sukses mengembangkan bisnisnya adalah Batik Sekar Ayu yang terletak di daerah Kecamatan Kerek. Bermodalkan koleksi warisan nenek, ibu Uswatun bisa menghasilkan karya dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi. Yaitu menghasilkan batik tuban dengan motif gedog. Batik yang diproduksi dari bahan alami mulai dari pemintalan benang sampai dengan pemberian warna dari bahan alami. Warna coklat dari kulit mahoni, warna kuning dari kulit nangka dan warna hijau dari daun mangga.

Ada sebuah tradisi unik jaman dulu di daerah Kerek. Pada saat ada pernikahan pihak mempelai pria harus menyerahkan 100 helai batik tulis dari kain yang ditenun. Ini pula yang membuat batik Sekar Ayu begitu unik. Karena masing masing motif yang dihasilkan mempunyai rasa, filosofi dan juga cerita yang berbeda. Sebuah langkah sinergi yang baik antara warga dan perusahaan Semen Gresik dalam melakukan pembinaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s